Mengurus Pengembalian Pajak (Tax-Return)

Posted: July 20, 2018 in Australia Daily

Disclaimer: Sebenanya tulisan ini ditujukan untuk Language Assistant berikutnya,tapi belum tepat waktunya dipublish di blog LAP jadinya nebeng disini dulu.

Pada liburan musim dingin, tepatnya bulan Juli, pengumuman tentang pengurusan Tax-Return akan mulai masuk di email. Tax-Return adalah pembayaran uang pajak dari penghasilan yang diperoleh. Jadi saat gaji kita dibayarkan, ada pajak yang dikenakan, sekitar $200-an jumlahnya setiap kali terima gaji. Dari pajak itu akan dikumpulkan dan akan dibayarkan/diberikan kembali melalui proses Tax-Return ini pada bulan Juli untuk periode Juli tahun lalu sampai Juni tahun ini. Jadi uang pajak yang kita akan klaim adalah uang dari pembayaran gaji kita dari bulan Januari sampai Juni saja, sedangkan untuk gaji dari bulan Juli sampai Desember, nanti baru bisa diklaim tahun depan pada bulan Juli juga. Pengumuman ini dapat dicek juga di akun HRMIS masing-masing.

Untuk melakukan klaim atau lodge tax-return tersebut, bisa dilakukan secara online atau menggunakan agen. Dengar-dengar beberapa LA tahun sebelumnya menggunakan agen, tapi saya dan beberapa teman melakukan sendiri secara online dan prosesnya tidak terlalu sulit. Setelah membuat akun di MyGov (jika belum silahkan buat dulu, caranya sangat mudah, sama dengan pendaftaran media sosial saja, siapkan saja alamat surel/email, nomor telepon aktif, dan beberapa secret question/pertanyaan untuk verifikasi yang harus diberikan jawabannya saat login pertama kali). Setelah memiliki akun MyGov, silahkan login dan masuk ke Tab Services, seperti tampilan di bawah ini:

Sayangnya, saya tidak sempat mengambil tampilan sebelum akun saya terhubung dengan Australian Taxation Office (ATO). Tapi singkatnya, pada tampilan ini, silahkan pilih Australian Taxation Office, maka akan diarahkan ke halaman ATO, ada dua pilihan untuk terhubung dengan ATO, yaitu dengan menjawab pertanyaan (option : question specific to you) yaitu tentang diri kita yang sudah ditentukan saat membuat akunMyGov, atau memberikan linking code (kombinasi angka dan huruf yang dapat diperoleh dengan menelpon ke layanan pelanggan dari ATO). Saya sendiri memilih untuk mengunakan pilihan linking code atas saran mas Arief, katanya lebih mudah dan cepat. Setelah menelepon ke nomor resmi ATO yaitu 132861 maka kode unik akan diberikan.

Saat menelpon, akan dijawab pertama kali oleh mesin penjawab otomatis dan bakal ada penjelasan tentang layanan yang diberikan, setelah pengantar tersebut, akan ada pilihan 1 atau 2, silakan tekan 1, maka petugas layanan pelanggan akan berbicara dan menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengkonfirmasi akun kita. Jangan khawatir dengan pertanyaanya, semua pasti akan terjawab, sediakan saja surat Tax File Number (TFN)-surat ini dikirimkan ke alamat saat mendaftar TFN pertama kali, karena pada lembar TFN terdapat alamat yang harus diberikan saat mengkonfirmasi akun kita. selain itu beberapa pertanyaan juga sebagai berikut : Tax File Number, Date of Birth, Name yang ada di Passport, Passport Number, atau juga Nama Keluarga di Passport.

Dan akhirnya akan diberikan linking code yang katanya hanya berlaku selama 1×24 jam. Saya lalu memasukkan TFN saya dan kode yang diberikan tersebut dan akhirnya terhubung ke ATO.

Setelah terhubung ke ATO maka tampilannya akan seperti gambar diatas tadi, ada tulisan linked. Silakan klik tulisan Australian Taxation Officenya, nanti akan diarahkan ke halaman ATO.

Tampilan awal ATO seperti ini setelah bisa masuk:

Karena punya saya sudah ter-lodge, artinya sudah diklaim maka di warna biru gelap yang ada tulisan For action tampilannya seperti itu, tapi jika baru masuk disini, maka disitu akan tampil data tentang Tax-return dan diujung kanannya ada tombol Lodge. Silahkan diklik. Saya sendiri langsung berpindah ke update bank details di kiri bawah itu, terlalu semangat memastikan bahwa uangnya akan aman tertampung. Setelah itu saya kembali ke halaman awal tadi. Lalu klik tulisan Lodge.

Pada tahap pertama, yang muncul adalah data profil kita, silahkan mengecek kembali data diri kita, seperti nama, alamat surel/email, nomor telepon dan alamat tempat tinggal. Silahkan diedit jika ada yang perlu diperbaiki. Jika tidak ada yang perlu diperbaiki silahkan lanjut saja dengan menekan tombol Next.

Ternyata di halaman kedua ini, berisi data bank, jika sudah dipastikan datanya benar, bisa lanjut ke halaman selanjutnya. Tapi jika belum ada data tentang bank di sini silahkan klik tanda hijau kecil di sampingnya, lalu masukkan data rekeningnya seperti nama, BSB dan nomor rekeningnya. Lalu Next saja.

Di halaman ke tiga ini, ada pertanyaan yang diberikan. Sebenarnya sudah terisi otomatis, seperti pada pertanyaan pertama terpilih NO, tapi setelah konsultasi dengan teman sejawat, haha, akhirnya jawaban berganti jadi YES (untuk pertanyaan pertama saja, pertanyaan yang lain seperti dibawah ini tidak saya ubah). Klik Next lagi.

Pada step akhir tampilannya akan seperti ini :

Akan ada informasi tentang payment summaries berisi dana yang dibayarkan/atau total gaji yang telah kita terima dan pajak yang bisa kita klaim. Pada tahap ini lakukan penambahan/perubahan informasi sesuai dengan yang diinginkan dengan mengklik tombol Add/edit yang ada di samping masing-masing bagian.

Untuk payment summary misalnya, silahkan klik tombol kehijauan yang bertuliskan Add/edit tersebut, nanti akan muncul otomatis data tentang employer kita, dalam hal ini, Departement Pendidikan Australia Barat, nah di bagian kiri atas ada kolom occupation, silahkan tuliskan School Assistant saja, karena hal ini tidak berpengaruh. lalu SAVE.

Untuk Medicare dan Private Insurance, jika mendapatkan email dari pihak asuransi kesehatan yang  yang digunakan untuk mengurus tax-return maka silahkan klik Add/edit juga lalu nanti tinggal pilih pilihan yang diberikan sesuai surat yang dikirimkan dari pihak asuransi. Kalau tidak ada bisa pilih NO saja, akan jelas terlihat error pada bagian yang perlu diisi. Saya sendiri tidak mendapatkan email dari pihak asuransi kesehatan saya, sedangkan teman yang lain ada yang mendapatkan email sehingga berhak mengklaim sekitar $80, lumayan kan.

Untuk pertanyaan lainnya selain dua di atas sesuaikan saja dengan tampilan di bawah ini, lalu pilih Calculate.

Oh iya, jika pada saat klik Calculate masih ada error merahnya, silahkan dilihat lagi dan pilih jawaban yang sesuai. Pada kasus saya, muncul error karena belum terpilih jawaban pada medicare levynya, nanti akan muncul pilihan YES dan NO dan silahkan pilih NO.

Jika sudah tidak ada masalah, saat klik Calculate tersebut akan ada proses loading tapi tidak terlalu lama, setelahnya akan muncul halaman tentang jumlah uang tax/pajak yang akan diterima, setelah melihat-lihat, dan merasa semua tidak ada masalah, maka lanjut centang pernyataan di bawahnya, dan klik lodge di kanan bawah, paling ujung.

Jika nanti tampilannya sudah seperti ini,

Berarti proses klaim pajaknya sudah selesai, silahkan tunggu dua minggu baru dicairkan. Biasanya setelah tiga hari akan ada SMS pemberitahuan tentang prosesnya. Jika tidak ada masalah maka dana pajak yang dikembalikan akan masuk kurang dari 2 minggu, bahkan di Mba Galuh kurang dari seminggu sudah cair dananya. Jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan di kolom komentar. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s