Kaburnya Tahanan Penjara Greenough

Posted: July 25, 2018 in Australia Daily, experience

Tiba-tiba saja suasana jadi mencekam, suara anjing yang menyalak dari kejauhan menambah rasa was-was. Suara gemuruh di langit pun sudah hampir sejam terdengar, bukan angin atau hujan seperti beberapa malam lalu, tapi helikopter yang sedari tadi mengudara di area tempat tinggal saya. Nampaknya mereka masih mencoba menyusuri dan mengintai tempat-tempat strategis untuk memastikan keadaan aman terkendali.

Pesan singkat dari nomor pemerintah kota baru saja masuk, saat melirik jam weker di dekat TV, terlihat kedua jarumnya hampir menunjukkan pukul 11 malam. Pesan ini nampaknya dikirim dari pemerintah kota Geraldton, isinya berupa info singkat adanya tahanan yang kabur dari penjara siang tadi, peringatan untuk berhati-hati dan memastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat pun menjadi kalimat penutup dari sms tersebut.

Saya yang merasa santai saja menikmati malam ini, tiba-tiba was-was. Apakah penjahatnya bisa sampai ke daerah padat penduduk ini? kalau iya, apakah penjahatnya sama seperti di film-film barat yang sering saya saksikan di TV atau bioskop Indonesia? Rasa penasaran saya hanya bisa mengantarkan mata ini terlelap tanpa sadar lagi sudah pukul berapa saat ini.

***

Murid-murid yang tadi bermain di lapangan tiba-tiba berhamburan menuju area beratap di mana saya dan mentor saya bertugas. Hujan deras dan angin yang begitu kencang nampaknya berhasil membuat semua guru dan murid mengakhiri istirahat kedua lebih cepat. Tak berapa lamapun bel jam pelajaran terakhir berbunyi. Selama kelas terakhir berlangsung, hujan seakan menjadi-jadi, bahkan terkesan gila kata guru saya.

Untuk pertama kalinya cuaca menjadi tak bersahabat dengan saya. Hujan lebat disertai angin kencang nampaknya takkan memberikan suasana romantis dalam perjalanan pulang kali ini, apalagi besok saya masih harus masuk kerja. Setelah berdiskusi, mentor teacher saya pun menyarankan saya tuk pulang diantar guru lain. Jadilah saya menumpang pulang bersama guru yang searah dengan saya, sedang sepeda saya titipkan di sekolah.

“Mereka itu tidak berbahaya, penjara di Greenoungh itu bukan penjara kelas elit, penghuninya bukan pembunuh sadis dan sebagainya, hanya orang-orang yang harus berurusan dengan pelanggaran hukum saja” kata sang guru yang menyupir mobilnya perlahan lantaran hujan masih tetap deras mengguyur.

Memang berita tentang kaburnya tahanan tersebut telah tersebar dan hampir semua orang tahu tentang itu saat ini. Saya sendiri melihat beritanya melalui halaman facebook sesaat sebelum saya duduk di meja perpustakaan kemarin. Saat tadi di kelas pun, mentor saya sempat membahasnya, tapi tidak dengan rasa khawatir sedikitpun di raut wajahnya. Malah dia sangat antusias menceritakan bahwa salah satu dari tahanan tersebut adalah siswa dia dahulu. Dia bahkan mengomentari bagaimana wajah siswanya tersebut terlihat sangat tua di foto yang tersebar.

Memang jumlah tahanan yang berhasil lolos lebih dari sepuluh, tapi info terbaru mengatakan bahwa sisa delapan orang yang berkeliaran dan belum berhasil tertangkap. Tampaknya kerja keras pihak kepolisian yang terlihat sibuk dengan helikopter yang tadi masih terlihat mengudara di atas sekolah dan mobil-mobil patroli yang berpapasan dengan ibu guru yang tadi mengantar saya pulang terlihat membuahkan hasil.

Setidaknya kinerja dari pihak keamanan dan pemerintah yang selalu diberikan memberikan rasa aman bagi saya. Setidaknya saya pun tak perlu terlalu khawatir lagi dengan sepi keadaan jalan saat dini hari dan menjelang malam di sini. Tadi pagi saya harus berangkat agak siang, hampir pukul tujuh, hanya menunggu suasana lebih terang dan jalanan jadi lebih ramai.

Mudah-mudahan mereka yang masih berhasil lolos dari pantauan pihak berwajib bisa segera diringkus dan dijobloskan kembali ke tempat mereka yang semestinya.

***

Info terbaru, sisa lima orang yang berkeliaran di luar sana. Semoga segera ditangkap semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s