Tak Semudah yang Kau Bayangkan!

Posted: November 25, 2018 in Curcol, Kata-Kata, motivasi

 

IMG_2533

Bukan sekedar berjuang, tapi juga bertahan!

Terkadang, intan permata itu dapat ditemukan setelah menggali jauh ke dalam kerak bumi, sejauh-jauhnya, bahkan karena terlalu jauh, orang memutuskan berhenti dan kembali tanpa hasil. Mungkin pernah melihat gambar ilustrasi dua orang yang menggali di dua terowongan, yang satu sudah hampir tiba di dekat permata dan berlian,mungkin sisa beberapa kali mengayunkan alat penggali sudah dapat menemukannya. Sedang yang satu baru setengah jalan. Tapi digambar tersebut, yang sudah hampir mendapatkan batu-batu permata itu malah berbalik badan, karena merasa putus asa dan mengira hasilnya akan sama saja, ia berhenti berusaha dan akhirnya tidak mendapatkan apa-apa setelah perjuangan panjangnya tersebut. Sedang yang satu, jika ia terus berusaha akan tentu tiba di dimana kumpulan batu permata itu berada. Usaha kerja keras, hasil pun akan didapatkan.

 

Jika terus bekerja keras, berusaha terus pantang menyerah, maka dunia akan memberikan penghargaan atas keuletan kerja dengan kesuksesan yang pasti akan didapatkan. Begitulah orang-orang banyak memotivasi, terdengar meyakinkan.

Memang hal yang klise sekali, banyak yang setuju, tapi tunggu dulu. Tidak semudah itu Fergusso!

Banyak yang bilang, jika kamu sudah melakukan yang terbaik, kamu akan berhasil. Kamu akan mendapatkan apapun yang kamu mau!

Tapi, nyatanya, kadangkala saat kamu telah mati-matian bekerja, usaha sudah dilakukan maksimal, kamu tetap saja tidak berhasil. Sudah korban materi, waktu dan tenaga, tapi ujung-ujungnya sama saja. Tak juga nampak keberhasilan muncul menyambut di ujung jalan.

Hidup itu penuh dengan ketidakpastian. Kamu mungkin bisa mencoba mengikuti jejak orang sukses, melakukan pola hidup yang sama bahkan mencontoh apa yang mereka lakukan. Tapi kenyataannya, kamu takkan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

Setelah melakukan yang terbaik, dan ternyata hasilnya mengecewakan, maka muncullah sakit hati, sedih dan kecewa. Yah, kecewa karena, gagal lagi dan lagi.

Dan saat itulah kebanyakan orang akan berhenti dan menyerah. Bahkan banyak yang tidak sampai di titik ini. Kebanyakan orang tidak sanggup merasakan kegagalan berkali-kali, baru sekali gagal sudah menyerah.

Menurutnya, jika memang sudah tidak berhasil, lantas mau apa lagi? Apakah mau tetap diperjuangkan? Hanya orang gila saja yang mau melakukan hal yang sia-sia?

Ya. Bisa jadi itu sebuah kegilaan.

Saat semua mencoba melawanmu, ketika kamu gagal, lagi dan lagi, saat tak ada lagi waktu, tak ada lagi tenaga tersisa, tak ada lagi harta, saat tak ada lagi teman yang mau peduli denganmu dan mimpimu, saat akhirnya kamu merasa kesepian, DAN saat kamu hanya ingin berbaring pasrah, tidur dan tak mau melakukan apa-apa, bahkan kemudian kamu berpikir kamu mau mati saja. Saat itulah kamu harus terus berjuang. Berjuang lebih semangat lagi.

Jalan menuju sukses itu akan selalu penuh rintangan, amarah, kepedihan, penolakan berkali-kali, kekecewaan, frustasi, tak dihargai, bahkan rentetan hal negative itu menjadikan dirimu bermandikan keringat dan air mata, hingga kamu harus berenang di atasnya. Kebayangkan bagaimana dramatisnya perjuangan itu?

Terasa tidak masuk akal, sulit untuk diterima logika, tapi yang jelas, jika kita memilih berhenti berjuang saat sedang berada di lembah kegagalan, maka kegagalan itu akan selalu menghantui. Menjadi luka yang akan membebani sepanjang hidup, penyesalan yang kita harap tidak pernah terjadi. Semenyedihkan melihat sang pujaan hati yang tiba-tiba menikah dengan orang lain, tanpa kabar, tanpa undangan padahal selama ini kamu berjuang mengumpulkan uang siang malam hanya untuk bisa melamarnya. Rasanya itu saaaakiiit pake banget.

Tapi jika kamu tetap berjuang, , bagaimanapun caranya, kamu akan meraih kesuksesanmu. Dengan cara yang kadang tidak masuk akal. Karena semesta selalu jatuh cinta dengan mereka yang keras kepala, berhati baja dan pantang menyerah. Mereka yang mampu memberikan usaha terbaik mereka lebih dari yang mereka harapkan, dan mampu berjuang lebih lama dari yang lain.

Jadi, apakah kamu mau mewujudkan mimpimu?

Jangan pernah berhenti, lakukan yang terbaik dan jangan pernah mau dikalahkan.

Dan kamu akan membuat mimpimu jadi nyata. Suatu hari kelak. Saat kamu tak lagi berharap lebih. Saat dimana semua yang lain telah berhenti berjuang. Karena begitulah adanya, ibarat berlari marathon, di garis start akan banyak sekali orang yang berlari, di tengah lomba hanya terlihat sedikit yang berlari, dan akhirnya hanya akan ada beberapa saja yang berlari menuju ke garis finish. Itulah orang-orang yang terus berjuang menuju garis finish impian mereka!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s